Home » , , » IP Adress : Pengertian, Fungsi, Dan Cara Kerja

IP Adress : Pengertian, Fungsi, Dan Cara Kerja

Posted by ProsesorKita on Sabtu, 30 Maret 2019



Assalamualaikum Wr. Wb.

Baiklah kali ini ProsesorKita akan membahas seputar Jaringan dan Internet, yaitu IP Address.

Tahukah kamu kalau masing-masing perangkat kita memiliki 'Alamat' untuk mengirim dan mengambil 'paket' berupa data dari Internet, gunanya apa sih, tentu saja sebagai pengidentifikasi identitas kita di Internet.

yaudah langsung aja, berikut informasi seputar IP Address :


Apa itu IP Address ?


Alamat IP (alamat protokol internet) adalah representasi numerik yang secara unik mengidentifikasi antarmuka spesifik pada jaringan.

Alamat dalam IPv4 panjangnya 32-bit. Ini memungkinkan maksimum 4.294.967.296 (232) alamat unik. Alamat dalam IPv6 adalah 128-bit, yang memungkinkan untuk alamat unik 3,4 x 1038 (2128).


Alamat IP adalah angka biner tetapi biasanya dinyatakan dalam bentuk desimal (IPv4) atau bentuk heksadesimal (IPv6) untuk membuat pembacaan dan menggunakannya lebih mudah bagi manusia.


Bagaimana Cara Kerja IP ?


IP dirancang untuk bekerja melalui jaringan yang dinamis. Ini berarti bahwa IP harus bekerja tanpa direktori pusat atau monitor, dan tidak dapat bergantung pada tautan atau node tertentu yang ada. IP adalah protokol tanpa koneksi yang berorientasi pada datagram., Sehingga setiap paket harus berisi alamat IP sumber, alamat IP tujuan, dan data lainnya di header agar berhasil dikirim.

Protokol-protokolnya termasuk TCP, yang merupakan protokol berorientasi koneksi, dan UDP, yang merupakan protokol tanpa koneksi. Sebagian besar lalu lintas internet adalah TCP / IP.


Fungsi Alamat IP

Alamat IP digunakan sebagai alat identifikasi interface host atau jaringan

Dalam jaringan komputer juga berlaku hal yang sama bahwa Alamat IP unik akan digunakan untuk mengidentifikasi komputer atau perangkat di jaringan.

Alamat IP digunakan sebagai alamat lokasi jaringan

Untuk memfasilitasi pengiriman paket data, alamat IP berisi informasi keberadaannya. Ada rute yang harus diikuti sehingga data bisa sampai ke komputer tujuan.


Jenis Alamat IP


IP versi 4 (IPv4)

Protokol Internet versi 4 atau IPv4 terdiri dari 32-bit dan dapat menampung lebih dari 4.294.967.296 host di seluruh dunia. Misalnya adalah 172.146.80.100, jika host di seluruh dunia melebihi 4.294.967.296 maka akan dibuat IPv6.

IP versi 6 (IPv6)

IPv6 diciptakan untuk mengatasi kekhawatiran tentang kemampuan IPv4 menggunakan hanya 32 bit untuk mengakomodasi alamat IP di dunia, semakin banyak pengguna jaringan dari hari ke hari Internet di seluruh dunia IPv4 dinilai suatu hari akan mencapai batas maksimum yang dapat ditampungnya, untuk itu IPv6 versi 128 bit dibuat. Dengan kemampuannya jauh lebih besar dari IPv4 yang dinilai mampu memberikan Alamat IP pada seluruh pengguna jaringan internet di seluruh dunia semakin banyak.



IP address Classes








Sumber :

https://www.paessler.com
http://technopark.surakarta.go.id


Thanks for reading & sharing ProsesorKita

Newest
You are reading the newest post

0 komentar:

Posting Komentar