Home » , » 7 Hal Keren yang Bisa Kamu Akses Lewat Command Prompt

7 Hal Keren yang Bisa Kamu Akses Lewat Command Prompt

Posted by ProsesorKita on Minggu, 17 Februari 2019

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kembali lagi di artikel kali ini dengan ProsesorKita, pada artikel kali ini ProsesorKita akan membagikan Tips dan Tricks seputar Command Prompt / CMD.

Taukah kamu kalo kita bisa melakukan beberapa perintah dasar sampai mengakses fitur-fitur Windows yang "unik" dengan CMD ini lho....

Oh iya bagi kamu yang masih awam sama istilah CMD, pasti bertanya-tanya CMD itu apasih?, baiklah pertama akan kita jelaskan apa itu CMD/ Command Prompt.


CMD adalah....
Command Prompt atau CMD adalah tool command line interface di Windows, yang memungkinkan kamu untuk menjalankan berbagai perintah dan tool yang bahkan tidak tersedia di GUI Windows.

Fungsinya apa aja ?
Kamu bisa manfaatkan untuk troubleshooting Windows, menjalankan tool yang tidak tersedia secara GUI, mengeksekusi berbagai perintah teknis, hingga melakukan trik keren pada artikel ini. Jadi meskipun terlihat sederhana, fungsi command prompt di Windows sangatlah luas.

Gimana cara mengaktifkan menu CMD ?
kamu bisa mengaksesnya dengan mengketikan Command Prompt di Menu Start kemudian klik kanan dan Run as administrator, atau langsung CTRL + R dan ketik CMD.


Berikut hal-hal yang bisa kamu akses dengan CMD ini :



1. Melihat STAR WARS versi ASCII

Kamu bisa lho liat film STAR WARS lewat CMD dengan tampilan yang "Gak Biasa", caranya yaitu
Aktifkan Telnet di Windows melalui Control Panel > Turn Windows features on or off, kemudian buka jendela command prompt dan ketik "telnet towel.blinkenlights.nl" lalu tekan Enter. Trik yang sama berfungsi pada macOS, btw fitur telnet jangan lupa di matikan ya sehabis nonton STAR WARS.


2. Lihat Driver Apa Saja yang Diinstal

Jika kamu lagi Troubleshooting Hardware atau cuma ingin tahu apakah ada sesuatu yang berhasil diinstal, melihat daftar driver yang diinstal dapat membantu ketik "driverquery", tekan Enter, dan kamu dapat daftar semua driver Windows saat ini, di samping tanggal instalasi dan nama tampilan.


3. Melihat Susunan File Disk Dalam Bentuk Susunan Pohon

Penasaran ingin lihar gambaran umum dari semua folder yang berada di drive-mu? Baris perintah yang digunakan adalah Ketik "tree" dan tekan Enter untuk melihat folder saat ini dan subfoldernya ditata dengan rapi; tambahkan "> c: \ export.txt" untuk menyimpan hasil dalam file teks yang dapat Kamu jelajahi sesukamu.



4. Scan masalah sistem

Tidak ada yang menginginkan sistem Windows mereka crash dan shut down secara teratur, dan kalau kamu saat ini mengalami masalah seperti itu maka perintah "sfc / scannow" (yang meluncurkan alat Pemeriksa File Sistem) memeriksa file OS yang paling penting dan memperbaikinya jika mungkin.


5. Melihat Password Wi-Fi mu

Lupa kata sandi Wi-Fi mu? bisa kok dilihat melalui CMD dengan perintah “netsh wlan show profile SSID key=clear”, ganti “SSID” dengan nama Wi-Fi jaringan yang kamu pakai. Kemudian untuk menanpilkan semua jaringan yang terhubung dengan PC-mu kamu bisa menggunakan perintah "netsh wlan show profile".



6. Akses Informasi Tentang Komputermu

Cara mudah untuk mengetahui spek PCmu tanpa ribet mencari di Windows Control Panel adalah lewat CMD. Ketik "systeminfo", tekan Enter, maka kamu akan mendapatkan informasi detail dari segala hal mulai dari jumlah RAM total dan tersedia, hingga Network Card, informasi OS yang diinstal hingga kapan reboot terakhir dilakukan.

7.Melihat Windows license key Komputermu

Bingung ketika mencari license key karena tidak ditulis pada stiker di kasing komputermu, kalau begitu kamu bisa langsung cek di CMD dengan mengetikkan "wmic path softwarelicensingservice get OA3xOriginalProductKey" ke dalam jendela command prompt dan menekan Enter.

Lanjut Part 2

>> Prank CMD buat kamu, Jahili Temenmu sampai Shock

Semoga bermanfaat bagi kawan-kawan semua ya......

Thanks for reading & sharing ProsesorKita

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar